Jumat, 18 Oktober 2013

FIFA 14 VS PES 14

FIFA 14 VS PES 14

Sulit untuk memilih antara FIFA 14 atau Pro Evolution Soccer 2014, siapa yang terbaik di daftar game sepakbola? Apalagi keduanya dijanjikan fitur-fitur yang lebih baru.
Dua nama ini pastinya sudah tidak asing di kuping para pecinta game dan pecinta sepakbola. Ya, FIFA 14 dan juga PES 2014. Persaingan EA Sports dan Konami nampaknya akan semakin menjadi-jadi dalam dunia game sepakbola. Konami yang sempat merebut kekuasaan sekuel FIFA melalui Winning Eleven harus menerima kebangkitan FIFA sejak tahun 2006.
Seperti yang kita ketahui, FIFA 14 terlihat sangat real dalam segi gameplay, sedangkan PES 2014 nampak sangat real dari segi grafis. Banyak pihak yang menyatakan bahwa gameplay jauh lebih penting dibandingkan grafis, secara tidak langsung, pernyataan tersebut membantu EA Sports dalam memasarkan FIFA 14 yang memiliki gameplay yang semakin menarik dan menantang.
PES 2014 juga tidak mau kalah. Grafik dari PES 2014 sendiri tergolong sangat bagus, bahkan hingga kerutan di wajah pemain juga tampak jelas dalam game ini. Tidak aneh, Konami yang terlanjur kalah saing sepertinya akan memaksimalkan kelebihan yang mereka miliki saat ini. Dan ternyata mereka berani membuktikannya dalam grafis PES 2014 yang sangatlah tajam dan detil. 
Tetapi jika Anda amati betul-betul, ternyata grafik di PES 2014 tidaklah sesempurna yang dibicarakan orang. Ternyata grafik dari fox engine yang mereka gunakan menemukan banyak halangan. Dari segi grafik stadium dan lapangan, ternyata lebih menjurus ke 2D, bukan 3D. Perhatikan juga gerakan penonton yang cenderung patah-patah dan terlihat "kartun".
Dari jarak pandang saat pertandingan, memang bentuk perawakan para pemain di PES 2014 ini tampak sangat sempurna. Berbeda dengan pemain di FIFA 14 yang cenderung tampak bungkuk dan sudah menjadi ciri khas dari FIFA. Tetapi jika Anda coba untuk dekatkan fokus Anda pada pemain, kesan "kartun" kembali muncul, dan pastinya kurang enak dipandang.
Sedangkan dari segi FIFA 14 sendiri, rasanya perkembangan gameplay yang cukup matang bisa dijadikan acuan. Mulai dari Career Mode hingga Ultimate Team, FIFA 14 seperti menyuguhkan segalanya dengan sesuatu yang bersifat eksklusif dan baru. Ya, dengan tampilan yang lebih menarik dan lebih futuristik, rasanya FIFA 14 bisa lebih menarik perhatian para pecinta game sepakbola. Tidak hanya itu, tingkat akselerasi dan kelincahan pemain juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan dibandingkan dengan edisi sebelumnya di FIFA 13. Gaya dan teknik menendang juga terlihat lebih realistis dalam FIFA 14.
Bukan lebih memuja FIFA 14 dibandingkan PES 2014, tetapi kemunduran yang dialami oleh Konami beserta produknya yang satu ini rasanya cukup mengecewakan. Bahkan banyak pihak yang mulai beranggapan bahwa PES 2013 lebih baik daripada PES 2014. Bertolak belakang dengan FIFA 14 yang lebih dipuji kehadirannya dan dianggap sebagai evolusi yang sukses dari FIFA 13.

0 komentar:

Posting Komentar

Chatbox