Rabu, 16 Oktober 2013

AKUNTANSI DAN NILAI WAKTU DARI UANG

CHAPTER 6
AKUNTANSI DAN NILAI WAKTU DARI UANG
A.       KONSEP NILAI WAKTU DASAR
Nilai waktu dari uang (time value of money) merupakan istilah yang menunjukkan hubungan antara waktu dan uang. Konsep ini mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaan waktu uang.
1.        Aplikasi konsep nilai waktu
Konsep bunga majemuk, anuitas, dan sekarang teknik nilai sekarang  dapat diterapkan untuk banyak item yang ditemukan dalam laporan keuangan baik untuk aplikasi bisnis maupun untuk keuangan pribadi. Dalam akuntansi, teknik ini dapat digunakan untuk mengukur nilai relatif dari arus kas masuk dan arus kas keluar, mengevaluasi peluang investasi alternatif, dan menentukan pembayaran berkala yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban di masa depan. Beberapa item  akuntansi yang teknik ini dapat diterapkan adalah: (a) wesel (Notes), (b) Lease, (c) Pensions and Other Postretirement Benefits, (d) aset jangka panjang, (e) Shared-Based Compensation , (f) kombinasi bisnis, (g) pengungkapan, dan (h) kewajiban di lingkungan (Environmental Liabilities).
2.        Sifat bunga
Bunga adalah pembayaran untuk peminjaman uang atau dapat dikatakan bahwa bunga adalah sejumlah uang yang dibayarkan atas peminjaman uang tertentu. Contohnya jika JERRY Co. meminjam dana dari Swiss Bank sebesar $20.000 dengan bunga 10%, berarti JERRY Co. membayar total $22.000 dengan bunga $2.000.
Dalam penentuan suku bunga, salah satu faktor penting yang diperhatikan adalah tingkat resiko. Semakin tinggi tingkat resiko kredit maka semakin tinggi pula suku bunganya. Variable-variabel dalam perhitungan bunga ada tiga, yaitu
·         Pokok utang (Principal) : jumlah yang dipinjam atau diinvestasikan.
·         Suku bunga (Interest rate) : persentase yang dibayarkan atau didapat dari pokok yang dipinjam atau diinvestasikan.
·         Waktu (tima) : jumlah tahun peminjaman atau investasi.
Hubungan dari tiga variable di atas adalah semakin besar pokok utang,semakin besar jumlah bunga.semakin tinggi suku bunga,semakin besar jumlah bunga dan semakin lama periode waktu maka semakin besar jumlah bunga.
3.        Bunga sederhana
Bunga yang dibayarkan hanya dari jumlah pokok pinjaman yang dipinjamkan atau dipinjam.
Rumusnya : bunga = p x i x n
Dengan
                P = pokok pinjaman
                i  = suku bunga
                n = jumlah periode
contoh, jika JERRY CO.  meminjam uang sebesar $10.000 untuk dua tahun dengan bunga sederhana 5%, maka total yang harus dibayar sbb :
                bunga = p x i x n
                           = $10.000 x 0,05 x 2
                           = $1.000
4.        Bunga Majemuk
Bunga majemuk dihitung setiap periode pada pokok yang asli dan semua akumulasi bunga selama periode masa lalu. Artinya bunga majemuk dihitung atas pokok dijumlahkan bunga yang dihasilkan.
Contoh, jika JERRY Co.  meminjam $ 20.000 untuk dua tahun 5% per tahun dengan bunga majemuk:

bunga tahun 1 = p x i x n = 20.000 x 0,05 x 1 = 1.000
bunga tahun 2 = (10.000 + 500) x 0,05 x 1 = 1.050
Jumlah bunga yang diperoleh selama tiga tahun = $1.000 + $1.050 = $ 2.050
5.        Variable –variabel fundamental
Ada empat variable-variabel fundamental  dalam masalah bunga majemuk :
·         Suku bunga
Suku buku tahunan yang disesuaikan dengan lamanya periode.
·         Periode waktu
Jumlah periode pemajemukan.
·         Nilai Masa depan
Nilai atau jumlah di masa depan dari jumlah atau nilai tertentu yang diinvestasikan sekarang atau masa lalu dengan memperhitungkan bunga majemuk.
·         Nilai sekarang
Nilai atau jumlah saat ini yang akan diperoleh jika mengivestasikan sejumlah tertentu di masa depan.
B.       MASALAH JUMLAH TUNGGAL
Masalah jumlah tunggal yang dimaksud disini adalah sbb : 
                                                                                          
·         Unknown future value, maksudnya menghitung nilai masa depan yang tidak diketahui dari jumlah uang yang diinvestasikan sekarang dengan periode waktu dan suku bunga tertentu.
·         Unknown present value, maksudnya menghitung nilai masa sekarang yang tidak diketahui dari jumlah uang yang diinvestasikan di masa depan dengan periode dan suku bunga tertentu.
1.        Nilai Masa Depan dari jumlah tunggal (Future Value of a Single Sum)
Nilai atau jumlah yang akan didapatkan di masa depan dari jumlah tertentu yang diinvestasikan saat ini.
Rumusnya :             FV  =       PV (FVF n,I )
                                Dengan   FV            = nilai masa depan
                                                PV           = nilai sekarang (pokok atau jumlah tunggal/single sum)
                                                FVFn,I     = faktor nilai masa depan untuk n periode pada suku bunga i.
Contoh : jika JERRY Co. menginvestasikan modal sebesar $20.000 selama 5 tahun dengan bunga majemuk 10%. Berapa nilai masa depan yang diinvestasikannya ?
                                FV = PV (FVF n,i )
                                FV =  $20.000 (FVF 5,10% )
                                FV =  $20.000 ( 1 + 0,10 )5
                                FV = $20.000 (1.61051)
                                FV = $32.210
2.        Nilai Sekarang dari Jumlah Tunggal (Present Value of a Single Sum)
Jumlah nilai yang mesti diinvestasikan saat ini agar menghasilkan nilai masa depan yang diketahui sebelumnya.
Rumusnya :             PVF n,i  = 1/(1+i)n ; PV = FV (PVF n,I )
                                Dengan   FV            = nilai masa depan
                                                PV           = nilai sekarang (pokok atau jumlah tunggal/single sum)
                                                PVFn,I     = faktor nilai masa sekarang untuk n periode pada suku bunga i.
Contoh : berapa nilai sekarang dari $32.210yang akan diterima dalam 5 tahun dengan bunga 10%?
                                PV = FV (PVF n,I )
                                      = FV (PVF 5,10% )
      = $32.210 (1/(1+0,10)5)
      = $20.000
3.        Mencari Variabel-variabel Lain yang Tidak diketahui
Variable – variable lain yang dimaksud disini adalah jumlah periode (n) atau suku bunga (i) yang tidak diketahui. Variable-variabel tersebut dapat dihitung atau dicari jika tiga dari empat variable fundamental yang dijelaskan sebelumnya diketahui.
·         Perhitungan jumlah periode
Misalnya, JERRY Co. mendepositokan uang sebesar $47.811 dengan bunga 10% agar dapat mengumpulkan uang sebesar $70.000. Berapa tahun yang dibutuhkan sampai uang tersebut terakumulasi menjadi $70.000?
Dengan menggunakan pendekatan masa depan, maka :
                                FV = PV (FVF n,i )
                $70.000    =  $47.811 (FVF n,10%)
                FVFn,10% = $70.000/$47.811
                                  = 1,46410, dengan melihat  table bunga maka dapat diketahui jika waktu yang dibutuhkan adalah 4 tahun.
·         Perhitungan suku bunga
Perhitungan suku bunga sama dengan perhitungan jumlah periode,dapat menggunakan pendekatan nilai masa depan atau pendekatan nilai sekarang. Dimana hasil pembagian PV dengan FV atau sebaliknya, dapat dilihat ditabel bunga untuk mengetahui suku bunganya.
C.       ANUITAS
Menurut definisi anuitas adalah pembayaran atau penerimaan berkala (sewa) yang selalu berjumlah sama,dimana interval waktu di antara sewa atau pembayaran juga selalu sama dan bunga dimajemukkan sekali setiap interval. Atau dapat disimpulkan jika anuitas adalah serangkaian pembayaran yang sama untuk jumlah tahun tertentu.
Anuitas dibagi menjadi dua tipe dasar:
·         Anuitas biasa adalah  anuitas dengan pembayaran di akhir periode
·         Anuitas jatuh tempo  adalah  anuitas dengan pembaran pada awal periode
1.        Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa
Dalam menentukan nilai masa depan anuitas,pendekatan yang dilakukan adalah menghitung nilai dimana pembayaran dalam rangkaian itu akan terakumulasi, kemudian menjumlahkan masing-masing nilai masa depannya.
Rumus yang digunakan :         FVF-0An,I =      (1+i)n - 1
                                                                                i
dimana                                    FVF-0An,I = factor nilai masa depan dari suatu anuitas biasa
                                                I               = suku bunga per periode
                                                n              = jumlah periode pemajemukan

dan rumus untuk nilai masa depan dari anuitas = R (FVF-0An,I)
dimana                                    R             = pembayaran periodic
                                               
2.        Nilai Masa Depan dari Anuitas Jatuh Tempo
Anuitas jatuh tempo mengasumsikan pembayaran terjadi pada awal setiap periode. Itu berarti, bahwa anuitas jatuh tempo akan mengakumulasikan bunga selama periode pertama. Faktor nilai masa depan dari anuitas jatuh tempo dapat dihitung dengan mengalikan faktor nilai masa depan dari anuitas biasa dengan dengan 1 ditambah suku bunga.
3.        Nilai Sekarang dari Anuitas Biasa
Nilai sekarang dari anuitas biasa adalah nilai sekarang dari serangkaian jumlah yang sama untuk diterima pada interval yang sama pula. Nilai sekarang dari anuitas biasa dapat dihitung dengan cara :
                                               
                                                                                Nilai Sekarang dari Anuitas Biasa = R (PVF-0A n,i   )
4.        Nilai Sekarang dari Anuitas Jatuh Tempo
Dalam penentuan nilai sekarang dari anuitas jatuh tempo, selalu terdapat periode diskonto yang kurang dari 1. Dimana faktor nilai sekarang dari anuitas jatuh tempo dapat dihitung dengan mengalikan faktor nilai dari anuitas biasa dengan 1 ditambah suku bunga ( 1 +i ).

D.       SITUASI YANG LEBIH KOMPLEKS
Terdapat dua situasi umum dalam hal ini :
1.        Anuitas yang Ditangguhkan
Anuitas yang ditangguhkan maksudnya, anuitas yang pembayarannya dimulai setelah beberapa periode tertentu yang ditentukan. Contoh, anuitas biasa ditangguhkan selama 3 tahun dari 5 tahun pembayaran. Berarti pembayaran pertama terjadi di akhir tahun ke-5. Begitupun dengan anuitas jatuh tempo, berarti pembayaran pertama terjadi di awal tahun ke-5.
·         Nilai masa depan dari anuitas yang ditangguhkan
Pada perhitungan nilai masa depan dari anuitas yang ditangguhkan cukup sederhana karena hanya lansung menghitung nilai masa depan dengan mengabaikan periode penangguhan.
·         Nilai sekarang dari anuitas yang ditangguhkan
Untuk menghitung nilai sekarang dari anuitas yang ditangguhkan, maka bunga yang terakumulasi selama periode penangguhan harus diakui.
2.        Penilaian obligasi jangka panjang
Pada penilaian obligasi jangka panjang akan menghasilkan dua arus kas yaitu :
·         Pembayaran bunga periodic
·         Nilai nominal (single-sum) saat jatuh tempo.
Nilai pasar (market value) pada obligasi jangka panjang adalah gabungan dari pokok pinjaman dengan bunga anuitas.
3.        Amortisasi diskonto atau premi obligasi bunga efektif
Amortisasi berarti dihapus dan dibebankan ke beban bunga. Metode bunga efektif adalah metode yang dianjurkan dalam amortisasi diskonto atau premi obligasi.
Metode amortisasi diskonto atau premi obligasi dengan bunga efektif :
·         Pertama, beban bunga dihitung = nilai buku obligasi X suku bunga efektif
·         Kedua, amortisasi dihitung dengan membandingkan beban bunga obligasi dengan bunga yang harus dibayar.
E.       PENGUKURAN NILAI SEKARANG
Pengukuran nilai sekarang menggunakan pendekatan arus kas yang diharapkan (expected cash flow approach). Pendekatan ini menggunakan arus kas dan memasukkan probabilitas arus ka situ menghasilkan pengukuran nilai sekarang yang lebih relevan.
1.        Pemilihan suku bunga yang tepat
Terdapat 3 komponen suku bunga :
§  Pure Rate (suku bunga murni) (2%-4%). Jumlah bunga yang akan dibebankan oleh pemberi pinjaman  jika tidak terdapat kemungkinan tidak membayar dan diekpetasikan tidak ada inflasi.
§  Expected Inflation Rate(suku bunga inflasi yang diharapkan). Suku bunga ditentukan berdasarkan tinggi/rendahnya inflasi.
§  Credit Risk Rate (suku bunga resiko kredit) (0%-5%). Suku bunga yang ditentukan berdasarkan besar/kecilnya resiko kredit.

IASB berpendapat bahwa setalah menghitung arus kas yang diharapkan, perusahaan harus mendiskontokan arus kas tersebut dengan Risk-free rate of return (tingkat pengembalian bebas resiko),yakni tingkat pengembalian murni + tingkat inflasi yang diekspetasikan.

6 komentar:

  1. wah terimakasih,

    kunjungi juga https://catatanilmupenaku.blogspot.co.id/ untuk materi akuntansi lainya

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  4. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus

Chatbox