Senin, 28 Oktober 2013

7TH HADAYS

7TH HADAYS
Hadays (Hasanuddin Accounting Days) merupakan salah satu program kerja dari Ikatan Mahasiswa Akuntansi (IMA) Universitas Hasanuddin yang diadakan setiap tahunnya.Pada kegiatan tersebut terdapat beberapa rangkaian acara yang dilakukan dalam beberapa hari, makanya dinamakan Accounting Days.Tahun ini adalah Hadays yang ke-7 yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Akuntansi (IMA) Universitas Hasanuddin.
7TH HADAYS akan diadakan mulai tanggal 18 sampai tanggal 22 Januari 2014 dengan mengangkat grand tema “Enhancing Public Sector With Accountability.”Tema tersebut diangkat karena adanya rasa prihatin terhadap kondisi sektor publik yang semakin marak dengan perilakufraud dan masih jauhnya dari Good Governance and Clean Government.Hal tersebut tidak terlepas dari penggunaan akuntansi itu sendiri. Akuntansi dianggap sebagai pisau dengan dua sisi,satu sisi bisa membawa kemaslahatan dan sisi lain bisa menjadi macan yang siap menerkam. Seyogyanya akuntansi digunakan sebagai alat akuntabilitas tapi dengan berbagai bentuk penyalahgunaan, akuntansi menjadi pendukung berbagai fraud yang merajalela di sektorpublik.Melalui tema tersebut, kita berharap dari kegiatan ini akan muncul berbagai solusi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, kita dapat membuka pola pikir masyarakat khususnya yang memiliki peranan dalam sektor publik tentang fungsi sebenarnya akuntansi sehingga harapan kita bersama yakni terwujudnya Good and Clean Government  dapat menjadi kenyataan.
Pada Hadays kali ini kita akan lebih memusatkan perhatian pada akrual basis yang diterapkan dalam sektor publik, hal tersebut terkait dengan PP 71 yang mengharuskan pemerintah menggunakan full acrualselambat-lambatnyapadatahun2015 . Ini adalah pembicaraan yang hangat untuk kita bahas karena ada banyak sisi yang tentunya perlu diperhatikan.Full acrual tentunya tidak serta merta dapat diterapkan begitu saja, butuh persiapan baik dari segi infrastruktur maupun dari sumber daya yang ada di sektor publik itu sendiri.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap berjalannya peraturan tersebut. Melalui akrual basis diharapkan menjadi solusi untuk mewujudkan pemerintahan yang akuntabel dan lebih bersih.
Ada beragam rangkaian kegiatan yang diadakan pada 7TH HADAYS ini, diantaranya:
1.      Seminar Nasional dengan tema “Enhancing Accountability In Public Sector With Accrual Basic”
2.      Workshop dengantema “Implementation of Accrual Basic in Public Sector”
3.      Lomba Paper antar mahasiswa se-Indonesia dengan tema “Quo Vadis Accounting In Current Sector Public”

4.      Accounting Student Award (ASA), yaitu lomba akuntansi antar SMA dan SMK

0 komentar:

Posting Komentar

Chatbox